Pencinta Gelato? Wajib Mampir ke 4 Kedai Ini!

By Laili Muttamimah - March 14, 2020


Nongkrong di kedai kopi? Udah biasa. Tapi, gimana kalau nongkrong di kedai gelato? Sebagai salah satu pencinta makanan khas Italia ini, saya cukup sering menyambangi kedai gelato. Meski fisiknya kelihatan seperti es krim, nyatanya gelato punya sedikit perbedaan, yaitu teksturnya lebih padat dan (katanya) kadar lemaknya lebih rendah. Saya pribadi lebih suka gelato karena alasan teksturnya yang lebih padat itu, apalagi sekarang banyak kedai yang menjual gelato dengan rasa bervariasi, mulai dari buah-buahan, cokelat, vanilla, sampai rasa sayuran. Kalau kamu juga suka makan gelato, ada empat kedai gelato yang menurut saya wajib banget kamu coba. Selain terkenal, rasa gelato di empat kedai ini dijamin enak!

1. Tempo Gelato

Buat kamu yang sering traveling ke Jogja, pasti udah nggak asing dengan kedai yang satu ini: Tempo Gelato! Tempo Gelato bisa dibilang menjadi kedai gelato favorit saya, karena setiap saya mampir ke Jogja, saya nggak pernah melewatkan waktu untuk berkunjung ke sini. Hal pertama yang saya suka dari Tempo Gelato adalah interior kedainya. Bisa kamu lihat dalam foto di bawah ini, interiornya klasik dan instagrammable, dihias pula dengan pigura berisi foto-foto pengunjung yang sedang memakan gelato. Nggak cuma itu, tempatnya juga luas dan nyaman banget, jadi makin asyik kalau buat nongkrong bareng teman-teman.



Harga gelato di Tempo Gelato terbilang cukup ramah di kantong. Untuk cup gelato ukuran kecil dijual seharga Rp20.000 dengan pilihan 2 scoop varian rasa gelato, Rp40.000 untuk cup ukuran sedang dengan 3 pilihan rasa, hingga Rp115.000 untuk cup super besar dengan 5 pilihan rasa. Selain cup, Tempo Gelato juga bisa dinikmati dalam cone seharga Rp25.000 untuk 2 pilihan rasa. Saya pribadi lebih suka beli dalam cup, karena porsi yang cone menurut saya cukup banyak, jadi sering kekenyangan sebelum gelatonya habis. Ditambah lagi, saya anaknya nggak rapi kalau makan gelato atau es krim, jadi kalau pakai cone, krimnya netes dan belepotan ke mana-mana, hahaha. 


Hal kedua yang saya suka dari Tempo Gelato adalah rasa gelatonya yang bervariasi. Mereka nggak cuma menjual rasa yang pasaran, tapi juga varian spesial, seperti nutella, lemongrass, strawberry yogurt, hingga rice milk. Meski Tempo Gelato nggak menjual menu lain selain gelato, tapi kamu bakal ketagihan deh buat mampir ke sini. Mereka juga sediain air mineral gratis, jadi kita nggak perlu khawatir kehausan atau merasa 'enek' karena terlalu banyak makan gelato.

Tempo Gelato punya dua cabang di Jogja, yakni Jl. Prawirotaman dan Jl. Kaliurang. Yang paling terkenal adalah kedai di Jl. Prawirotaman, tapi saya paling suka kedai yang di Jl. Kaliurang karena lebih luas dan sepi! :)

Tempo Gelato
Alamat: Jl. Prawirotaman 43 & Jl. Kaliurang KM 5,2
Jam buka: 11.00 - 23.00 WIB


2. Kebun Ide


Kedai gelato yang wajib dicoba selanjutnya adalah Kebun Ide! Berbeda dengan Tempo Gelato yang hanya menyajikan menu gelato, Kebun Ide juga menyajikan menu kopi dan makanan. Yang menarik dari kedai ini adalah kamu akan merasakan sensasi makan gelato di kebun sendiri! Kebun Ide juga berlokasi di dua tempat, yaitu Pondok Aren dan M Bloc Space. Saya sendiri pernah berkunjung ke kedai yang di M Bloc Space, kedai di sana dihias dengan banyak tanaman segar. Kalau yang di Pondok Aren, sepertinya kedai mereka berada di alam terbuka, jadi lebih berasa sensasi nongkrong di kebunnya. 



Meski ukuran kedai Kebun Ide di M Bloc Space nggak terlalu besar, nyatanya tetap nyaman untuk jadi tempat ngobrol karena homey banget! Hal yang membuat Kebun Ide berbeda dengan kedai gelato pada umumnya adalah menu di sini super sehat karena dibuat dari bahan-bahan alami, mulai dari gelato rasa pokcoy, rosemary, hingga campuran antara pagoda, nanas, dan madu. Selain itu, ada pula menu dengan rasa yang familiar seperti chocobanana, taro, dan buah naga. Jadi, kamu bisa coba campur deh antara rasa yang manis dengan sayuran.

Setiap cup kecil gelato di Kebun Ide dijual seharga Rp29.000 dengan pilihan dua rasa, Rp42.000 ukuran sedang dengan tiga pilihan rasa, dan juga cone. Kalau kamu mau coba percampuran rasa gelato yang nggak biasa, Kebun Ide bisa jadi referensi untuk dicoba!

Kebun Ide
Alamat: Jl. Arteri Bintaro, Sektor 9 No. 78, Pondok Aren, Tangerang & M Bloc Space
Jam buka: 08.00 - 22.00 WIB


3. Gelato Secrets


Setelah Tempo Gelato dan Kebun Ide, tentunya kamu wajib mampir ke Gelato Secrets! Kedai gelato yang satu ini tampaknya udah terkenal banget, karena mereka punya cabang di Bali (Ubud, Sanur, Seminyak, Tanah Lot, Canggu) dan Jakarta (Shophaus Menteng, Setiabudi One, COMO Park, SCBD, Citywalk Sudirman). Gelato Secrets adalah kedai gelato paling fancy yang pernah saya kunjungi, itu kenapa harga gelato yang dijual terbilang cukup mahal. Untuk satu cup kecil dengan dua pilihan rasa, Gelato Secrets dijual seharga Rp35.000, kemudian ukuran sedag dijual seharga Rp53.000. Mereka juga menyediakan gelato dalam bentuk cone berukuran kecil dan sedang, yang dibandrol dengan harga Rp40.000 dan Rp58.000.



Tapi, harganya yang cukup mahal sangat membayar rasa gelato yang enak dan varian yang nggak biasa. Kalau Kebun Ide menawarkan varian rasa dari bahan alami yang sehat, Gelato Secrets juga punya menu yang unik, seperti bamboo charcoal, Toraja coffee & caramelized hazelnut, hingga popcorn caramel! Favorit saya? Fererro rocher dan cheesecake! Hahaha (anaknya emang nggak bisa move on dari cokelat dan manis-manis). Oh iya, selain makan dalam cup dan cone, kita juga bisa cobain makan gelato yang disajikan di atas waffle dengan harga dimulai dari Rp50.000. Yummm!

Gelato Secret
Alamat: Jakarta (Shophaus Menteng, Setiabudi One, COMO Park, SCBD, Citywalk Sudirman)
Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB


4. Terminale Gelato


Sobat Bandung, mana suaranyaaa? Nah, kalau kedai gelato yang satu ini udah populer di Bandung, yaitu Terminale Gelato! Rasanya bakal kurang kalau kamu pergi ke Bandung, tapi nggak mampir ke kedai gelato ini. Terminale Gelato punya banyak cabang di Bandung, mulai dari Living Plaza Dago, Bandung Indah Plaza, Sherlock Common Living, Chinatown, hingga Pangandaran. Kebetulan, waktu itu saya beli pas lagi main ke Chinatown. Waktu itu matahari siang lagi terik banget, terus langsung beli Terminale Gelato yang varian buah, dan tenggorokan langsung segerrr banget! 

Sayangnya, kedai yang di Chinatown nggak bisa makan di tempat. Tapi, nggak usah khawatir, karena kamu bisa dateng ke kedai yang di Living Plaza Dago yang punya area yang luas buat kamu nongkrong dan nyantai. Interiornya juga kece banget, klasik dan bernuansa kayu. Selain gelato, mereka juga menyediakan menu makan berat dan minuman. Untuk gelatonya sendiri dijual dengan harga Rp25.000 untuk cup kecil dengan dua pilihan rasa, Rp48.000 untuk cup sedang dengan tiga pilihan rasa, dan Rp35.000 untuk cone dengan dua pilihan rasa. Varian rasa Terminale Gelato pun beragam dan pastinya familiar untuk lidah kamu, mulai dari tiramisu, black sakura, red velvet, yakult, sampai rum raisin!

Terminale Gelato
Alamat: Bandung (Living Plaza Dago, Bandung Indah Plaza, Sherlock Common Living, Chinatown) & Pangandaran
Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB


Nah, itu dia empat kedai gelato yang bisa kamu coba! Kira-kira, kedai yang mana yang bakal jadi favoritmu? ;)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar