Kebun Roti, Surganya Pecinta Roti Artisan

By Laili Muttamimah - April 24, 2020


Belakangan ini, roti artisan memang ramai digandrungi. Roti yang khas dibuat secara organik dari ragi alami itu mulai mudah ditemui, nggak cuma di toko roti khusus, tapi juga beberapa kafe. Saya sendiri sebenarnya bukan penggemar berat roti artisan, tapi rasa rotinya yang unik selalu bikin saya penasaran untuk mengeksplor. Itu kenapa, mampir ke Kebun Roti sudah berada di daftar destinasi ketika saya hendak melancong ke Jogja. Saat ini, toko roti artisan di Jakarta memang cukup banyak, tapi entah kenapa rasanya kurang afdol kalau belum coba roti artisan di Kebun Roti. Apalagi, toko ini sudah lama berdiri, tahun 2014 kalau nggak salah, cukup lama sebelum tren roti artisan merebak.

Jadi, sore itu, setelah berkendara dari Kotagede bersama dua kawan penulis, Fakhrisina Amalia (Iis) dan Farrahnanda (Jane), akhirnya kami mampir ke Kebun Roti. Awal saya tahu Kebun Roti pun karena postingan Instagram Kak Iis, yang nggak lama setelah itu beberapa influencer kesehatan di Instagram mulai datang ke tempat ini. Saya juga beberapa kali cek Instagram Kebun Roti sebelum berniat mampir dan terus terang tergiur sama roti-rotinya yang meski organik, tapi dikreasi semenarik mungkin.



Meski namanya 'Kebun Roti', tempat ini nggak benar-benar berkonsep kebun. Mungkin, kata 'kebun' di sini mengibaratkan banyaknya varian roti yang tersedia. Tempatnya minimalis, tapi nyaman banget. Kedai ini terdiri dari dua lantai, tapi untuk semua transaksi dilakukan di lantai dasar. Begitu masuk, kami langsung disambut roti yang berjejer di rak.



Pandangan saya langsung tertuju pada blueberry cheesecake yang tinggal tersisa tiga. Tanpa pikir panjang, saya memilih menu itu. Sebenarnya saya juga penasaran sama chocolate pie, tapi blueberry kelihatannya lebih segar. Untung Kak Jane pesan chocolate pie, jadi saya bisa icip-icip, hahaha, sedangkan Kak Iis pesan matcha cheesecake. Selain itu, pilihan menu lainnya ada pizza, brownies, dan roti artisan berbagai rasa. Semuanya dibuat dengan bahan organik dan bebas gluten. Untuk harga cheesecake-nya, jujur saya lupa karena udah cukup lama, tapi kisaran 20rb-30rb rupiah per potong kalau nggak salah. Untuk minumannya, kami pesan cokelat panas dan fermentasi anggur (asli, ini bikin penasaran!). Harga cokelat panas dibandrol sekitar 25rb-35rb, sedangkan fermentasi anggur sekitar 20 ribuan.



Kami pilih untuk nongkrong di lantai atas. Dan begitu naik... tadaaaa! Kami disambut meja kecil di tengah ruangan dengan rak buku di belakangnya! Jujur, buat saya, kedai atau restoran yang menyediakan koleksi buku itu keren banget. Jadi, selain ngobrol, pengunjung juga bisa membaca. Suasana di lantai atas pun lebih tenang, saat itu hanya ada dua kelompok pengunjung yang datang, termasuk kami. Jujur, kalau dulu saya punya kesempatan kuliah di Jogja, mungkin Kebun Roti bakal jadi tempat favorit untuk ngerjain tugas.


Yang jadi favorit saya dari Kebun Roti adalah... rotinya! Hahaha. Untuk ukuran cheesecake artisan, rasanya enak banget dan nggak terlalu 'organik'. Biasanya, kalau makan roti atau kue artisan gitu kan cenderung tawar yah, tapi cheesecake di sini rasanya pas, nggak manis dan nggak tawar. Krim keju blueberry, cokelat, dan matcha-nya pun enak. Iya, saya cobain punya Kak Iis dan Kak Jane satu-satu, hahaha. Pas cobain fermentasi anggur, rasanya nggak asing ternyata, mirip tape ketan yang suka dimakan pas lebaran (orang Batak pasti paham). Daaan... untuk cokelat panasnya, ternyata lumayan pahit sampai saya musti nambahin gula dua bungkus (emang doyan manis anaknya). Plus, menurut saya kayu manisnya terlalu banyak, jadi aroma cokelatnya ketimpa gitu (?) Tapi, marshmellow-nya enak!



Setelah icip-icip, saya pun mendekat ke rak buku. Buku yang tersedia di Kebun Roti banyak yang bagus. Awalnya saya pikir cuma komik, tapi pas lihat-lihat lagi, ternyata ada juga novel dan buku-buku pengembangan diri. Saya bahkan nemuin dua seri Malcolm Gladwell di sini, salah satu penulis favorit saya! Tapi, karena ada banyak hal yang mau diobrolin bareng Kak Iis dan Kak Jane waktu itu (lama nggak ketemu soalnya, huft), saya nggak baca buku yang ada di Kebun Roti.


Selain roti, Kebun Roti juga menjual berbagai produk organik, mulai dari teh herbal, sabun dan shampoo, hingga jamu. Biasanya, Kebun Roti juga sering update di Instagram tentang roti apa aja yang tersedia hari itu, jadi sebelum kamu mampir ke sini, bisa cek Instagram-nya dulu ya (Spoiler: kamu pasti bakal tergiur lihat foto-foto roti di Instagram-nya!). Nah, buat kamu yang suka atau tertarik cobain roti artisan, Kebun Roti tentunya menjadi destinasi yang nggak boleh dilewatkan!


Kebun Roti

Alamat: Jl. Bougenville No.7-11, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar